Sabtu, 11 Agustus 2018

Yayoi Kusama Exhibition, Museum Macan, Jakarta Barat


Yayoi Kusama san sepertinya nyentrik ya orangnya.. hehe.. maaf.. ini pendapat pribadi. Apa semua seniman memang nyentrik ya ..? Kusama san berpenampilan lucu juga sih, bajunya suka yang totol-totol gitu.

Saat ini beliau, tepatnya teamnya, mengadakan pameran di Jakarta, bertempat di Museum Macan, di Wisma AKR, Jalan Panjang, Jakarta Barat



Pameran berlangsung dari tanggal 12 Mei 2018 sampai tanggal 9 September 2018. Jadi bukan "seumur hidup" disitu ya... Sebab media sosial telah membuat para penggemar selfi beranggapan demikian. Banyak yang berpikiran bahwa Museum Macan isinya karya seni Kusama san saja selamanya.





Dengan harga tiket masuknya senilai Rp. 100.000 per orang, tidak membuat museum membludak dengan pengunjung. Seratus ribu lumayan "menyortir" pengunjung. Artinya, tidak semua penyuka selfi bersedia membayar segitu hanya untuk foto-foto.
Semestinya harus disadari bahwa ini adalah pameran seni. Maka nilai uang segitu tidaklah mahal.



Menempati lantai kedua dan ketiga di gedung AKR 




Tapi memang karya seni Kusama san ini lucu-lucu. Polkadot dimana-mana. Ada yang monochrome ada yang warna-warni. Seru juga sih buat foto-foto.










Di beberapa instalasi pengunjung dibatasi dengan timer. Maksimum dua menit saja. Bayangkan saja, gimana mau nikmat berfoto. Baru geleng kanan lanjut geleng kiri, udah disemprit. Time's up.

Di dalam sini pake timer

yang ini juga pakai timer

Ada benernya juga sih, kalau tanpa timer, bakal berlama-lama di dalam, bisa ngobrol segala. Trus, yang lain ga bakal kebagian ya..
Lagipula ini kan mau melihat pameran seni, jadi kenapa harus kesal kalau tidak bisa foto dengan puas... Ya kan..





Banyak juga lukisan atau instalasi yang dipajang di ruangan terbuka tanpa timer. Ada yang tidak ada penjaganya, ada juga yang dikawal penjaga. 






Secara keseluruhan hasil karya Kusama san memang menarik. 
Jika saya punya kesempatan, saya akan datang ke museum beliau di Tokyo.
Semoga .... Amin...


Berikut ini adalah lukisan-lukisan di luar ruangan 




Apa artinya... kurang paham saya, dan juga salah saya adalah saya tidak baca satu per satu riwayat lukisan yang biasanya dipasang di samping lukisan.





Ini penampakan Kusama san


yang ini instalasi cahaya, kita ngintip ke dalam box

Instalasi ruang dan cahaya, paling panjang antriannya



 Kalau foto diatas, lebih unik lagi, masih dengan timer, pengunjung diberi sticker polka dot beberapa ukuran, beberapa warna, dan dipersilahkan menempelkan stiker tersebut di tempat-tempat tertentu. Seru. 

Berlomba dengan waktu, antara mejeng foto sama nempelin stiker... hahaha...






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar