Minggu, 25 Juni 2017

Cerita penitipan koper, Citygate Outlet Mall, Hong Kong

5 Hari Travelling ke Hong Kong dan Macau - Jilid 3

Jilid ke-3 ini adalah hari pertama perjalanan wisata saya di Hongkong.
Saya sudah memutuskan, lebih baik saya ke Ngong Ping aja setelah selesai urusan di airport, pertama karena Ngong Ping masih berada di pulau Lantau, sama dengan airport, dan jaraknya juga dekat. Keduanya, mendingan ke Ngong Ping menjelang sore, ga betah panas. Karena Ngong Ping adalah area terbuka, dengan paparan matahari penuh.

Sebelum berangkat saya sudah brosing, gimana urusan koper saya, ga mungkin kan jalan-jalan bawa koper besar. Akhirnya saya dapat info yang saya cari, ternyata ada tempat penitipan koper di Citygate Outlet Mall dan di Tung Cung Cable Car terminus. Pas dengan kebutuhan saya.
Ini link dari Trip Advisor : Luggage.Storage.In.Hong.Kong
Kalau lockers service di Citygate Outlet Mall, silahkan baca  :  citygateoutlets.mall-services

Dari peta di atas terlihat posisi bandara, Tung Chung dan Ngong Ping, dari bandara ke Tung Chung sekitar 15 menitan.
Beginilah jalan ceritanya.
Dari bandara saya naik bis S1 menuju Tung Chung bus terminus (terminus = terminal). Sesampai di Tung Chung saya berjalan kaki ke Citygate, karena memang nempel bersebelahan. Meskipun sudah tahu lokasi lockers service dari websitenya, saya tetap bertanya ke bagian informasi.

Saya turun ke basement, sesuai petunjuk. Ternyataaaa... Lokernya sedikit, saya lupa foto sih. Kira-kira 40an loker. Coin operated, artinya tidak ada manusia yang jaga, dan bukan berupa ruangan khusus. Sampai depan loker, antri dulu, saya urutan ke 3. Saat itu sedang ada turis yang masih di depan panel, interactive menu gitu. Dari panel situ, terlihat bahwa hanya tersedia 1 loker yang masih kosong, otomatis loker ini terpakai oleh si turis tsb..

Setelah turis itu pergi. Urutan ke dua diam, karena memang sudah full. Saya juga diam. Sambil basa basi ngobrol  dia bilang, ya sudah kita tunggu sampai ada orang yang ambil koper. Laaah.. gila.. dalam hati saya pikir. Trus dia bilang di bawah masih ada 1 lagi lokernya. Akhirnya saya turun, sama saja, disitu juga penuh. Saya putus asa, saya tinggalkan basement.
Saya pikir, okelah, nitip di tempat satu lagi aja. Sambil masih narik koper, saya tengok kanan, tengok kiri, sebetulnya ini mall isinya apaan ya...

Seperti cerita-cerita orang di blog mereka, mall ini didominasi oleh toko-toko merk terkenal, yang khusus menggelar SALE. Ada banyak discount. Saya sih bukan tipe turis belanja, jadi kurang tertarik. Saya hitung-hitung, harganya juga tidak terlalu beda jauh. Ada supermarket, ada juga cafe-cafe.

Saat ini lapar dan haus sudah menyerang. Apa daya saya udah habis semangat gara-gara penitipan koper. Yang terlihat jelas ada McDonald, tapi tidak ada selera juga, akhirnya saya jalan ke pintu keluar, di samping Mc Donald, ke arah jembatan penyeberangan,  ternyata bagian ini adalah MTR Tung Chung station, Exit A, dan terhubung dengan Tung Chung cable car terminus..

lunch citygate mall

Di dekat pintu keluar - saya ketemu cafe ini, ada menu nasi. Ini yang penting ..... nasi..! Dan di depannya ada minimarket.  Makan disitu akhirnya. Enak. Tapi, mohon maaf, non halal version ini... Perlu dicatat, tidak ada kursi, makan sambil berdiri. Di dalam mall  tadi saya juga liat, orang makan sambil berdiri, sepertinya lumrah di HK.

Setelah makan siang, saya jalan ke arah Tung Chung Cable Car  terminus, masih dengan koper loh ya... Semakin mendekati terminal, terlihat seorang ibu petugas di ujung koridor, ibu itu terlihat seperti meneriakan sesuatu. Mohon maaf, i dont speak chinese... Eh, ternyata koper tidak boleh dibawa masuk ke terminal, dan saya diarahkan ke bawah, ke tempat penitipan koper. Baguslah... karena saya juga tidak tahu dimana letak penitipan kopernya, dan ini sedang berusaha cari-cari tempatnya.

Di belakang taxi biru, tepatnya di samping toilet, letak penitipan kopernya

Saat kami keluar dari lift, seorang pemuda sudah menghadang saya, dan saya dibawa ke meja kerjanya. Rupanya disitulah tempat penitipan koper. Sebuah ruangan tertutup, dan koper dimasukkan ke dalam. Tapiiiii.. kagetnya luar binasa, masa nitip koper biayanya HKD 80 per koper. Yasudlah, buat saya yang penting pengaturan waktu dan acara. Saran saya, jangan meniru cara saya, dari airport ke Ngong Ping, kalau ada koper besar, kalau tanpa koper  sepertinya tidak masalah, karena tidak perlu nitip kan...

Begitulah curhat saya tentang penitipan koper, semoga menjadi pencerahan buat yang berencana titip koper di Citygate ataupun di Tung Chung. Setelah beres dengan koper, saya naik lagi ke cable car terminus.
Petualangan berlanjut di Jilid 4 tentang Ngong Ping 360 cable car.