Minggu, 25 Juni 2017

Ngong Ping 360 Cable Car, Hong Kong



5 Hari Travelling ke Hong Kong - Jilid 4

Jilid 4 ini masih menceritakan hari pertama travelling saya, di destinasi pertama yaitu Ngong Ping. Ada apa aja di Ngong Ping..?
Atraksi utama di Ngong Ping adalah Ngong Ping 360 Cable Car, kemudian Ngong Ping Village, Big Buddha or Tian Tan Buddha Statue, dan Po Lin Monastery.


Ngong Ping bisa ditempuh dengan bis kota atau cable car dari Tung Chung, dan pastinya yang paling praktis yaitu dengan taxi, tentunya yang paling mahal. Meskipun lebih mahal dibanding bis, saya memilih naik cable car. Selain lebih cepat, penting pengalamannya. Hehe...

Untuk informasi lebih detail, bagaimana cara ke Ngong Ping, silahkan lihat Np360/getting-there 

Secara singkatnya, kalau naik MTR, ambil jalur orange ke Tung Chung Station, dan keluarnya di Exit B, kemudian lanjut dengan cable car selama 20 menit ke Ngong Ping. 

Kalau mau naik bis, banyak bis yang melayani perjalanan dari beberapa daerah di HK ke terminal bis Tung Chung, tergantung dari mana berangkatnya (nah.. kalau nomer bis berapa aja, bisa dilihat di link atas tadi) . Setelah sampai terminal bis Tung Chung, dilanjut dengan bis no. 23 ke Ngong Ping selama kira-kira 1 jam perjalanan, atau dari terminal bis Tung Chung dilanjut dengan cable car.


Antri beli tiket cable car. Sepi karena bukan weekend

Saya beli tiket Tung Chung Cable Car di websitenya ini np360 pricing-and-packages  Selain untuk menghindari antrian di loket tiket, mereka yang membeli online tiket via website mendapat keistimewaan dengan garis antrian terpisah dari mereka yang membeli tiket di tempat, antrian memang lebih pendek. Lumayanlaaah..


Antrian menunggu cabin

Saat membeli tiket di website, sebaiknya bacalah dengan teliti, karena ada beberapa paket promosi dan paket tour yang ditawarkan. Saya membeli tiket dengan standard cabin,seharga HKD 185 per orang, pergi pulang. Pembelian tiket dilayani mulai dari 14 hari sebelum tanggal kedatangan. Ada juga ditawarkan dengan crystal cabin, yang artinya lantai cabin terbuat dari kaca, sehingga kita bisa lihat ke bawah secara langsung. 

Menurut saya, pertimbangkan baik-baik, apakah memang perlu untuk beli paket tour, dikuatirkan nantinya hanya terasa buang waktu, dan buang uang, kan sayang... Buat saya, Tai O tidaklah mendesak, kecuali memang durasi liburannya panjang.
Bacalah masing-masing atraksi di website ini : Explore Ngong Ping 360







Dari jilid 3, setelah titip koper di bawah Tung Chung Cable Car terminus, di samping toilet, saya bergegas ke lift lagi, naik ke pintu masuk, tunjukkan online tiket, dan saya diarahkan ke antrian khusus online purchase.  

Keberangkatan, sejenak setelah meninggalkan halte

Rasanya gimana naik cable car... ? Susah menjelaskannya. Biasa saja, tapi kadang ngeri  sedikit menakutkan juga, karena angin laut bertiup kencang, membuat cabin terayun-ayun. Ngeri-ngeri-sedaplah kira-kira. Hahaha... Dari atas kita bahkan bisa melihat pelabuhan dan bandara.


Melewati halte kedua, cabin melambat








Semakin mendekati pemberhentian, semakin jelas terlihat Tian Tan Buddha statue



Di perhentian terakhir, Ngong Ping Cable Car terminus, sampailah kita di Ngong Ping Village




Begitu turun dari cabin, kita disambut toko souvenirs 







Untuk mengetahui lebih detail mengenai Ngong Ping, saya sarankan baca web ini Ngong_Ping_360 lewati saja bagian awal, kalau malas baca, hehe, karena lebih membahas mengenai "sejarah", yang penting adalah bagian "Getting There" dan penjelasan masing-masing atraksi.
Web ini juga bagus, detail juga, tapi tidak terlalu rumit : http://www.nextstophongkong.com/ngong-ping-360-cable-car/

Setelah keluar dari toko souvenirs, the adventure is just started, yaitu menjelajahi Ngong Ping Village, yang akan saya ceritakan di jilid 5.
Silahkan tengok Jilid 5 - Ngong Ping Village



Tidak ada komentar:

Posting Komentar