Sabtu, 11 Juni 2016

Museum Angkut, Batu, Malang

Kagum dan salut, begitulah kesan saya akan museum ini, apalagi adanya bukan di ibukota atau kota besar lainnya, Batu hanya kota kecil, bukan ibukota propinsi juga. Tapi kalau lihat koleksinya, luar biasa....

Saya pernah berkunjung ke Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah, mohon maaf kalau saya bandingkan, jauh sekali, baik dari sisi tampilan, maupun koleksinya.
Saya tidak tahu dan belum mencari tahu siapa pemilik museum ini, yang juga pemilik jatim park, dan bagaimana sejarahnya sampai dibuatnya museum ini, atau siapa saja pemilik alat-alat transportasi sebegitu banyaknya. Apakah milik pribadi semua..?

Perlu diketahui bahwa museum ini baru buka jam 12 siang. Saya tiba jam 10 pagi, akhirnya saya berbalik arah, berkunjung di Jatim Park 2 terlebih dulu,  diawali Batu Secret Zoo,  dilanjutkan Museum Satwa dan berakhir di Ecogreen Park. Namun sebelum ke Museum Angkut, kami makan siang dulu di Waroeng Bamboe. Akibatnya saya tiba di Museum Angkut sekitar jam 4 sore.

Memasuki museum, dalam sebuah gedung, yang terkesan seperti bangunan bekas pabrik, biasa saja kelihatannya. Koleksi mobil kuno dan sepeda serta sepeda motor. Saya pikir wah.... ternyata cuma segini aja... Tapi di sini pun koleksinya sudah banyak.

Ketika selesai foto-foto di sini, saya mengikuti jalur sesuai petunjuk dalam museum. Ternyata saudara-saudara, ternyata jalurnya panjang.... koleksi masih banyak. Interior dan eksteriornya semuanya menarik. Sepertinya setiap titik adalah spot foto yang bagus. Hahaha....!

Di dalam juga ada tempat makan, jadi jangan kuatir kelaparan..

Hampir mendekati akhir, hari sudah gelap, jam 7 malam, yang mana saya agak sesali sedikit.
Lokasi - lokasi tertentu bagus buat foto di siang hari. Karena hiasan-hiasan eksteriornya lucu dan menarik.

Tapi sebetulnya di malam hari juga bagus, karena lampu-lampu warna warni, lampu bergerak. Bagus...

Jadi... gimana ya... bagusnya datang siang, habiskan semua. Kemudian tunggu sampai gelap, foto-foto lagi malam hari. Seru... !  Hehehe.. buat yang doyan foto sih... macam saya.

Ada sebagian tempat dikondisikan seperti di luar negeri, motor dan mobil yang dipajang disesuaikan dengan temanya.

Ada pasar buah juga, palsu loh maksud saya... hehe..

yang ini nie.. panjang dan besar mobilnya..

Ada area yang menampilkan tema film

Perjalanan dalam museum berujung di pasar berikut. Nah yang ini pasar beneran. Menurut saya, sungguh beruntung saya punya kesempatan berkunjung di museum ini. Keren sodara...!