Minggu, 02 Agustus 2015

Taman Budaya Tionghoa, TMII, Jakarta


Sudah lama sekali  sejak terakhir kali saya berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Banyak sekali perubahannya. Baru tahu juga ada Taman Budaya Tionghoa di dalamnya.



 Meskipun tidak luas, di dalamnya terdapat patung-patung yang cukup buat kita untuk belajar. 


 Saya harus cari tahu dulu, apa arti tulisan cina di batu-batu ini. Hahaha...



Lumayan bersih namun menurut saya, tetap harus ada petugas kebersihan dan petugas yang merawat taman, saya kuatir, tidak lama taman ini terbengkalai. Karena kita tahu turis lokal dan turis domestik kita belum bertanggung jawab atas semua tindak tanduk dan kelakuan untuk sama-sama dan berkesadaran diri untuk merawat taman. Buang sampah sembarangan, menginjak rumput dan tanaman demi foto yang cantik.



Di bagian dalam ada taman zodiak atau shio. Lucu lohh...  Bagi yang belum tahu shio sendiri, bisa dilihat disitu rentang tahun kelahiran masing-masing shio.




 
Ada patung legenda Sampe & Engtai. Ada juga cerita Sun Go Kong alias Kera Sakti dan bikhu Xuanshang serta murid lainnya yang konon berjalan ke India untuk mencari ilmu, mendalami agama.






Semoga pengunjung dan pengelola sama-sama menjaga keindahan taman ini.





Taman ini dibangun atas kerjasama beberapa orang atau perusahaan, hal ini tertulis pada patung atau bangunan yang ada di dalam area taman ini.


Di bagian depan terdapat warung kecil menjual minuman dan makanan ringan, serta cendera mata. 
 

  

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar