Minggu, 29 April 2018

Manta Bay, Nusa Penida, Bali



Kami menginap di Deva Devi Beach Inn.  Lokasinya di  pinggir pantai.  Namun kami tidak main di pantai situ malah,  karena dari Peguyangan tiba hotelnya sudah malam dan sudah lelah juga. Bangun pagi juga langsung mandi dan sarapan. Sempat sebentar ke bibir pantai, not much to see.





Deva Devi Beach Inn oke menurut saya,  kamarnya luas. Cuma kamar mandinya saja yang kurang asik,  tidak ada pintu, cuma pakai tirai. Kalau menginap dengan pasangan, oke-lah.... Tapi kalau sekamar dengan teman kerja,  yaaa..  Agak-agak gimana gitu ya...  Sarapan standar saja,  roti atau nasgor atau migor.


Lantai 2 Deva Devi Beach Inn


Dalam kamar Deva Devi Beach Inn

Jam delapan lewat kami berangkat.  Perjalanan sekitar setengah jam kami tiba di Dalam Penataran Ped, semacam resto tapi dengan fasilitas shower dan (kalau  boleh saya bilang) kolam basuh atau kolam rendam?? 
Tempat ini menjadi "pelabuhan" untuk snorkeling ke Manta bay.  






Tapi tempat ini bukan satu-satunya tempat untuk start-finished snorkeling Manta bay. Ada beberapa tempat lain di beberapa lokasi,  tergantung agent yang kita sewa kerjasamanya dengan pengelola yang mana.
Karena saat dalam perjalanan, di satu atau dua tempat, sempat saya lihat ada turis-turis sedang membasuh diri,  masih dengan baju selam.




Dengan boat lebih kurang satu jam tibalah kami di point pertama.  Ada group turis lain snorkeling di tempat yang ini juga. Ada group domestik, ada juga grup bule.
Main air sekitar satu jam di sini,  kami pindah ke point yang lain. 


Tidak bertemu dengan sang manta, tidak apa-apa...  
Ikan-ikan kecil warna warni banyak sekali..  Lucu-lucu... 
Lautnya juga bersih, tidak saya lihat bungkus sabun dan mie instant.


yang tengah pelaut gagah berani







Sebulan sebelum ke Bali, saya lihat video yang sedangkan viral di medsos, seorang bule menyelam di tempat yang dia klaim sebagai Manta bay, Nusa Penida. Video menunjukkan betapa kotornya laut di Nusa Penida. Shock juga sebetulnya... 


Teman yang lain juga sempat berpikir untuk membatalkan paket, tidak usah snorkeling. Saya bilang, biar ajalah, kalau kotor kita ga usah nyebur. Kalau bersih, kan nyesel juga... 
Artinya, saya ingin lihat kondisi dulu. Karena setahu saya memang ada masa-masa dimana sampah dari pantai laut Jawa terbawa sampai ke Bali. 
Itupun tergantung musim dan cuaca. 
Jadi.. Tetap semangat..!!





Mengikuti perintah Bli Made,  kami kembali ke Dalam Penataran Ped, untuk mandi bersama...  Hehe..  
Dipisah memang antara shower laki dan perempuan. Tapi di dalamnya tidak ada sekat antar shower.  Jadilah mandi bersama. Hehe..


Setelah mandi, foto-foto dululah..  


Makan siangnya, seperti kemarin, kami dapat dari Bli Made, termasuk dalam paketan tour,  yaitu sewa mobil, menginap di Deva Devi Inn, dan makan siang selama di Nusa Penida, kapal penyeberangan ke dan dari Nusa Penida juga.


Beres bebersih, kami lanjut ke Kelingking beach, si kepala T-Rex. 

Siapa yang tidak tahu...??








Tidak ada komentar:

Posting Komentar