Jumat, 16 November 2018

Kawaguchiko, Yamanashi Pref, Jepang

Hari ke-2 di Jepang : Kawaguchiko, Mounth Fuji
(Jilid 1)

Saya keluar dari hostel jam 6 pagi, rencananya mau naik Chuo Line dari Kanda Station jam 7 pagi, biar sampai Kawaguchiko masih sepi gitu..., eehh.. ternyata saya salah naik kereta.. hahaha.. Gara-gara saya salah tanya ke petugas peron, “Kawaguchi…?” Terus, dia jawab : platform 2.
"Direct train..?” Dia jawab : yes.

Wah, senang sekalilah.
Tapi begitu naik keretanya, ada sedikit rasa tidak pas juga, nama keretanya kok beda ya (saya kan sudah studi gugel mep). Tapi masa iya, petugas peron salah. (sebetulnya bisa salah kalau kita salah tanya, ya kan… hahaha)
Selama 10 menit pertama, saya perhatikan nama-nama station-nya, dan saya semakin heran, kok saya tidak “familiar” dengan nama-nama itu.
Iseng, saya gugling pakai nama kereta, dan ternyata rute kereta ini justru menjauh dari Tokyo dan menuju daerah Kawaguchi tapi bukan Kawaguchiko. Akhirnya di stasiun berikutnya saya turun, dan kembali lagi dengan kereta yang sama, tapi arah berlawanan. Intinya, hati-hati dengan Kawaguchi (Saitama Prefecture) dan Kawaguchiko (Yamanashi Prefecture) beda tempat ternyata.

Artikel tentang wisata Kawaguchiko bisa dilihat di www.japan-guide.com/Fuji Five Lakes

Rute perjalanan menuju Kawaguchiko dan Gotemba :
Kanda Station – Takao Station naik JR Chuo Line 60 menit – 920 yen, JR Pass
Takao Station – Otsuki Station naik JR Chuo Line 45 menit – 580 yen, JR Pass
Otsuki Station – Kawaguchiko Station naik Fujikyu / Romancecar 60 menit – 1040 yen, cash
Kawaguchiko Station – Natural Living Center naik Red Bus 30 menit – 1500 yen return trip, cash
Kawaguchiko Station – Gotemba Station – naik Fujikyu Bus 1 jam 45 menit – 1510 yen, cash
Gotemba Station – Gotemba Premium Outlet – naik free shuttle bus 15 menit

Otsuki station pindah kereta Fujikyu Railway

Sebetulnya ada bis direct dari Shinjuku ke Kawaguchiko seharga 1570 yen atau dari Tokyo ke Kawaguchiko seharga 1800 yen, perjalanan sekitar 2 jam. Namun karena saya punya JR Pass nation-wide, maka saya utamakan naik kereta JR. Kalau naik bis, saya harus keluar ongkos lagi. Trus, ada resiko ketinggalan bis, hangus tiket, sedangkan kalau kita naik kereta, ada keberangkatan berikutnya dengan jeda waktu yang tidak lama, tidak reservasi, tidak ada uang hangus.

Kereta ke Kawaguchiko

Singkat cerita, sesampai  saya di Kawaguchiko Station, saya langsung antri membeli tiket Red bus, yaitu semacam shuttle bus yang menghubungkan area di lima danau di Gunung Fuji (= Fuji Five Lakes). Saya tiba di Kawaguchiko station sudah siang sekitar jam 12an,  antrian beli tiket bus sudah panjang.

Sight seeing bus tidak bisa reservasi,  hanya pembelian tiket di tempat. Saya pilih naik Red Bus karena tujuannya ke Natural Living Center, konon kabarnya penampakan gunung Fuji paling bagus di sini.

Turun dari kereta di Kawaguchiko Station

Sight seeing bus ada juga Green bus dan Blue bus, masing-masing beda rute.
Ticketing office berada di luar Kawaguchi station, harganya 1500 yen, pergi-pulang, bisa naik-turun dimana saja sepanjang rute bis dan sekali bayar karena di sepanjang rute bis ini ada beberapa tourist spot.

Sightseeing bus ticketing Counter

Detail tentang Sightseeing Bus, Red-Green-Blue

Untuk lebih jelasnya silahkan buka http://bus-en.fujikyu.co.jp/heritage-tour

Copy peta dari Sightseeing Bus

Kalau peta diatas saya pecah menjadi dua, sisi kiri, gambar di bawah adalah jalur biru dan hijau

Sisi kanan adalah jalur bis merah, gambar berikut :

Lihat gambar bis merah di atas, sampingnya adalah Kawaguchiko Station, titik awal dan akhir semua rute bis.
Rute hijau sama dengan rute merah hanya sampai titik 4 - 7 - 8. Pindah bis merah-hijau hanya di titik ke 7, yaitu Kawaguchiko Herb Hall.

Tujuan saya adalah titik ke 22, Natural Living Center dan tidak berhenti di titik manapun sepanjang jalan. Sebetulnya ada keinginan berhenti di  Kachi Ropeway, titik 11, namun karena saya baca antrian panjang, sampai satu jam, jadinya malaslah ke situ.

Tiket Red Bus

Tersedia juga paketan tiket wisatanya, gambar di bawah.
Ropeway maksudnya Kachi Ropeway dan Pleasure Cruiser adalah semacam perahu wisata, mengitari Kawaguchiko. Bagus juga sih kalau mau foto-foto di atas kapal. Tentu saja dengan Fuji san di latar belakang.
Informasi tentang Pleasure Cruiser bisa dibaca di https://en.kawaguchiko.net/excursion-ship-en-soleil
Sedangkan www.mtfujiropeway.jp adalah informasi tentang Ropeway

Logo bintang sebalah kanan adalah konter tiket sight seeing bus, ada di dalam station dan ada di luar station. Angka 1 sampai 6 adalah halte atau platform bus kota di depan station.

Turis sedang naik Green bus

Jembatannya pakai model Gunung Fuji

Suasana dalam bis, berasa di Indonesia

Kira-kira setengah jam bis tiba di Natural Living Center.  Memang benar Mount Fuji terlihat jelas sekali dan terasa sangat dekat.  Hanya saja,  matahari jadi hambatan saat foto,  back light. Apalagi modal saya cuma hape. Tapi saya cukup puas bisa melihat gunung Fuji sejelas itu.

Saya makan siang di kantin di sini. Bacang (lupa namanya) dan ice cream. Sedap....

Di samping kantin adalah toko souvenir. Tentu saja souvenirya berupa pernak pernik tentang gunung Fuji. Saran saya,  jika tertarik untuk membeli sesuatu,  langsung aja beli.  Jangan pernah punya pikiran,  nanti sajalah di Tokyo atau di Shinjuku. Bakal menyesal....  Karena beberapa barang memang dijual dimana-mana tapi beberapa barang hanya ada di sini.  Hal ini berlaku di tempat lain di Jepang. Kali ini saya beli dompet bergambar gunung Fuji. Benda yang tidak saya temukan di Tokyo, Shibuya dan Shinjuku bahkan bandara.

Setelah puas foto-foto, saya menunggu kedatangan Red bus lagi. Natural living center adalah tempat pemberhentian terakhir artinya disini juga titik awal untuk kembali ke Kawaguchiko station. Saya tidak berhenti di spot-spot lain, langsung ke Kawaguchiko station.

Sesampai di stasiun saya menuju loket bis dan membeli tiket bus ke Gotemba station. Loket Fujikyu bus terletak di dalam statiun tepat di samping gate keluar. Ada seorang ibu yang memandu kita, mau beli tiket apa, loket nomer berapa, dan harganya berapa. Jadi saat di depan kasir loket, kita sudah siap.

Situasi di depan Kawaguchiko Station, saya potret dari platform 6

Bis menuju Gotemba merapat di Platform 6. Yang dimaksud platform 6 adalah halte nomer 6. Jadi di Kawaguchi Station ini selain sebagai stasiun kereta, halaman depannya adalah terminal bus. Terdapat beberapa halte bersebelahan, cari yang bernomor 6. Di masing-masing platform terdapat papan informasi bisnya.

Saya duduk-duduk saja di platform situ, sampai bis datang. Di kaca bis juga dipasang informasi tujuan bis. Sehingga lebih mempermudah penumpang dan tidak salah naik bis.

Japan Guide menjelaskan jadwal dan harga tiketnya di www.japan-guide.com/bus/gotemba

Karena jadwal berantakan gara-gara salah kereta, akibatnya saya gagal mengunjungi Chureito Pagoda, dan area Hakone yaitu naik Pirate Cruise di Lake Ashi, dan Hakone Shrine. Jika Tuhan memberikan kesempatan buat saya datang lagi ke area Mount Fuji, saya akan "habiskan" area Hakone. hehe...

Sharing lanjutan akan saya ceritakan tentang perjalanan saya ke Gotemba dari Kawaguchiko station.