Selasa, 20 November 2018

Osaka Castle, Chuo-ward, Osaka

Hari ini adalah hari terakhir saya di Osaka, dan nanti sore saya akan kembali ke Tokyo dengan shinkansen. Tiket shinkansen sudah saya booking sebelumnya, yaitu saat saya masih di Kyoto Station (sebelum ke Osaka bahkan). Keberangkatan dari Osaka ke Tokyo saya pilih yang jam 17.00, harapannya supaya sampai Tokyo tidak terlalu malam, waktu tempuh sekitar 3 jam.

Berhubung sekarang masih ada waktu sekitar 2 jam, saya cari-cari spot terdekat yang bisa dikunjungi, dan hasilnya, saya berkunjung ke Osaka Castle.

Untuk menghemat waktu dan untuk menjaga stamina, kami memutuskan untuk naik taxi. Tidak jauh, tapi biayanya lumayan, totalnya sekitar JPY 3000 pergi pulang. Padahal di Osaka Castle kami juga sebentar saja, foto-foto di luar, tidak masuk ke dalam castle. Yang penting sudah pernah "lihat"

Dari jalan raya menuju ke castle-nya kita bisa jalan kaki sekitar 10 menitan.

Bagi manula dan difable tersedia shuttle service dari pintu gerbang menuju pintu utama castle, yang malas jalan kaki juga boleh, yang penting bayar.

Dari pintu gerbang sampai ke area castle, sebetulnya ada beberapa "tempat" dan gedung, di kanan kiri, cuma aja - saya tidak hampiri, karena terbatas waktu. Tujuan utama tetap castle-nya.

Sempat melihat sepasang pengantin dan tukang fotonya.

Jika anda melihat penanda ini, berarti anda sudah akan memasuki area castle, ini main-gatenya.

Website resmi  www.Osaka_Castle.net

Sampai di area sini, masih area gratis, namun saat kita memasuki main tower, akan dikenakan biaya JPY 600.

Gedung cantik ini adalah Miraiza Osaka-Jo, di dalamnya ada restaurant dan cafe.

Silahkan buka di Miraiza_Osaka-Jo

Gedung di foto atas yang disebut sebagai Main Tower.

Menurut saya, yang impresif adalah susunan batu-batu besarnya. Jaman dulu potongan batu bisa rapi lurus begitu... aneh tapi nyata.

Di Jepang, penutup saluran air bermotof beda-beda disesuaikan dengan lokasi. Yang ini adalah representasi kota Osaka, terlihat Osaka Castle di sisi atas dan boat yang menyusuri kanal Dotonbori, di sisi bawah.

Berikut ini image dari google maps dari Osaka Station menuju Osaka Castle dengan Osaka Loop Line, hanya 25 menit, dengan 4 pemberhentian.

Dari Osaka Castle kami naik taxi kembali ke Osaka Station.
Nah... inilah kesalahan saya, saya tidak baca tiket dengan teliti, di tiket shinkansen tertulis keberangkatan dari Shin-Osaka Station.

Jadi seharusnya dari Osaka Castle kami langsung menuju ke Shin-Osaka station, tidak perlu ke Osaka Station.

Akhirnya, terjadilah acara ketinggalan kereta.
Ceritanya saya masih tenang-tenang aja duduk menunggu di Osaka Station. Sampai sepuluh menit menjelang jam keberangkatan, saya heran, kenapa di petunjuk jadwal kereta tidak tampil juga nama shinkansen Hikari 478. Barulah saya bertanya ke petugas station, dan memang terlambat. Buru-buru kami lari ke platform menuju Shin-Osaka Station. Sampai di Shin Osaka Station, meskipun hanya "next station" saja dari Osaka, shinkansen sudah berangkat.

Dengan berharap-harap cemas, saya datangi kantor shinkansen, dan booking ulang untuk keberangkatan berikutnya. Beruntung masih ada seat kosong.
Inilah keuntungan memakai JR-Pass, kalau ketinggalan kereta, kita tidak perlu beli tiket terpisah, tetap pakai JR Pass yang sama, hanya perlu booking ulang.
Tidak ada tambahan biaya juga, meskipun saya mengakui bahwa saya ketinggalan kereta.

Informasi platform di Osaka Station.

Petunjuk menuju platform untuk destinasi Shin Osaka Station, yaitu platform 9-10.

Di Shin-Osaka Station, petunjuk shinkansen Hikari 478 menuju Tokyo, keberangkatan jam 17.43.

Tertulis di tiket nomer gerbong dan nomer tempat duduk. Antrilah sesuai nomer gerbong alias car number.

Akhirnya duduk juga kami di Hikari 478, sampai di Tokyo sudah jam setengah sembilan malam. Makan malam di Matsuya lagi, yang dekat dengan South Exit Kanda Station, dan menginap di &And Hostel Kanda lagi juga... haha..
Note, sebelum meninggalkan Tokyo dan beredar ke Shirakawago - Kyoto - Osaka, kami menginap di &And Hostel. Sekarang kembali ke Tokyo, kembali juga ke hostel yang sama.

Acara esok hari adalah sekeliling Tokyo saja, Asakusa, Shinjuku dan Shibuya.