Senin, 26 Juni 2017

1881 Heritage & Clock Tower, Star Ferry Pier, Hong Kong


5 Hari Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau - Jilid 11



Kelanjutan dari jilid sebelumnya, Garden of Stars, saya berjalan kaki menyusuri Salisbury Road, menuju ke Space Museum dan Cultural Museum. 

Di kedua tempat ini saya tidak masuk ke dalam, hanya foto di luarnya saja. dan kebetulan juga, keduanya  sedang direnovasi. Informasi untuk kedua museum ini bisa dibaca disini tentang museums_kowloon





Hong Kong Space Museum


Cultural Center
 
Kemudian dari Space Museum, saya menyeberang menuju 1881 Heritage. Tempatnya sih lucu, hehe.... Ada semacam "menara" dimana kita bisa naik ke bagian atas, dan mungkin foto-foto sambil menikmati pemandangan laut dari sini.  



1881 Heritage dulunya adalah Kantor Pusat Hong Kong Marine Police, dan sekarang sudah dirombak menjadi shopping malls, restaurant, hotel dan function hall. Sama seperti dua museum tadi, di 1881 Heritage saya cuma foto di depan.




Setelah puas foto-foto di 1881 Heritage saya berjalan menuju Harbour City Mall, lagi-lagi foto di dekat mall, lanjut berjalan ke arah Star Ferry Pier dengan tujuan Clock Tower. Disini saya melewati semacam terminal bis kecil gitu, Star Ferry Bus Station

Harbour City Mall

Harbour City Mall ini terletak di samping laut. Tidak ada pantainya, hanya dibatasi pagar besi saja. Tapi asik sih, menurut saya.

Di depan Harbour City Mall

Di area Star Ferry pier, selain pelabuhan, ada Harbour City Mall dan Clock Tower. 

Sebetulnya Clock Tower bersebelahan dengan Cultural Museum, harusnya kan bisa langsung ke situ, namun saya justru menyeberang jalan, karena saya pengen lihat 1881 Heritage, bukannya ke Clock Tower dulu baru ke 1881 Heritage. 

Padahal nanti saya harus menyeberang ke arah 1881 Heritage lagi, untuk naik bis menuju ke Sky 100. Jadi bolak-balik gitu.


Tempat-tempat yang saya kunjungi saya marked dengan Bintang kuning

Rute  saya : 1. Garden of Star - 2. Space Museum -3. Cultural Center - 4. 1881 Heritage - 5 Harbour City Mall - 6. Star Ferry Pier - Clock Tower - 7. Halte Kowloon Park Drive.

Rute yang benar seharusnya, 1. Garden of Star - 2. Space Museum -  3. Cultural Museum -  6. Clock Tower - Star Ferry Pier - 5. Harbour City Mall - 4. 1881 Heritage - 7. Halte Kowloon Park Drive


Tempat-tempat yang saya kunjungi saya marked dengan Bintang kuning





Clock Tower dulunya adalah bagian dari area stasiun Kowloon - Canton pada jaman kereta api uap. Namun akhirnya semua bangunan sudah dihancurkan dan hanya menyisakan Clock Tower ini saja.  Sejarah singkat Clock Tower
Area ini adalah area terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya apapun.

Dari Star Ferry pier saya lihat ada tangga. Naik ajalah, sepertinya viewnya lebih oke. Hasil fotonya adalah penampakan berikut ini.


Di bagian atas Star Ferry Pier




Selesai sudah masanya foto-foto di pelabuhan ini. Yang belum terlaksana dari rencana saya adalah menyeberang laut dengan Star Ferry, belum juga berlabuh dengan Aqualuna. Next time haruslah....

Mohon maaf, kalau cerita saya kurang lengkap, karena saya tipe fast traveller, dengan waktu sedikit maunya pergi ke banyak tempat. hahahaha.... Apalagi kalau "isinya" shopping mall, apa yang mau dilihat...? dan saya bukan tipe museum lover. Jadi asal sudah liat depannya, sudah senanglah hati saya pun.
Perjalanan saya berlanjut dengan menunggang bis  nomer 215P atau 215 X dari Kowloon Park Drive menuju Kowloon bus terminus. Destinasi utamanya adalah Sky 100.
Yang akan share di Jilid 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar