Minggu, 25 Juni 2017

Tian Tan Buddha (Big Buddha Statue), Ngong Ping, Hong Kong

Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau - Jilid 7



Jika kita mendaki 268 anak tangga sampai puncak, akan kita jumpai enam patung bodhisatva sedang memberikan persembahan yang berbeda kepada sang Buddha. Terlihat juga Po Lin Monastery dari plaza ini.






Dari Po Lin Monastery saya berjalan lurus melewati  bundaran persimpangan ini. Saya memang memilih ke monastery dulu baru dilanjutkan mendaki big Buddha, karena semata-mata menghindari terik matahari. Harapannya supaya lebih tidak menguras energi, sehingga awet batterynya... 





Bundaran ini adalah persimpangan menuju Po Lin Monastery, Big Buddha, Ngong Ping Village dan Wisdom Path





Mendekati tangga, terlihat beberapa turis sedang memanjatkan doa. 
Pintu masuknya ada di sisi kanan tangga, dan tidak dipungut biaya. 



Sebetulnya saya enggan naik, tapi saya pikir lagi, okelah kali ini harus naik, karena tahun 2013 saya ke sini, saya juga tidak ke puncak. Apalagi saya punya pengalaman buruk waktu menaiki tangga di Batu Caves Malaysia. Lutut saya bermasalah. Jadi kalau urusan naik tangga banyak begini, belum juga naik sudah berasa horor duluan.

Kali ini saya naik sangat lambat, karena kuatir dengan lutut, meskipun begitu, putus juga nafas saya... 
hahaha... sudah tua... 

Jadi saya sering berhenti, foto sejenak, lanjut, begitu seterusnya sampai puncak.






Setelah sampai di puncak, lega sekali, dan karena hawa dingin serta angin bertiup kencang, badan terasa relax. 




Enam patung bodhisatva sedang memberikan persembahan kepada Sang Buddha.



Setelah berfoto-foto di plaza ini, lanjutkan ke satu level lagi di atas.
Di bagian bawah patung Buddha terdapat museum, namun sayang memotret tidak diijinkan




Pemandangan ke bawah bagus sekali, tapi susah sekali mau foto, karena area di level ini sempit, dan banyak orang lalu lalang, bahkan yang sudah jepret pun tidak beranjak dari tempatnya. Trus kapan giliran saya foto... ?




Menjelang sore, saya turun, lagi-lagi harus lambat, dan di tengah "jalan" sudah berasa lutut saya sakit. Tapi yeaaah..  gapapalah... demi pengalaman baru

Berikut ini foto dari atas ke arah bundaran. Cantik ya ??


Ngong Ping ditutup untuk umum jam enam sore. Karena saya harus segera check in di Goldencrown Guesthouse, saya janji tiba di guesthouse jam tujuhan, saya segera beranjak meninggalkan Ngong Ping, dengan sedikit kekecawaan, yaitu gagal menjelajahi Wisdom Path.




 Kembali ke Tung Chung dengan cable car, kemudian sesampai di Tung Chung terminus, tidak lupa - saya ambil koper saya, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tsim Sha Tsui MTR station dari  MTR Tung Chung di samping Citygate Outlet Mall

Untuk menuju TST, kita harus pindah kereta di stasiun Lai King, yang semula di jalur orange, rute Tung Chung - Hong Kong, pindah ke jalur merah, rute Tsuen Wan - Central. 
AWAS..! jangan salah arah.
Biayanya sekitar HKD 16,9 dengan Octopus, dan waktu tempuh sekitar 45 menit

berikut ini gambar MTR map yang saya ambil dari website HK MTR Routemap




Semua informasi yang berkaitan dengan Ngong Ping bisa di baca di website ini _Ngong Ping_

Cerita mengenai Goldencrown guesthouse akan saya bagikan di Jilid 8




Tidak ada komentar:

Posting Komentar