Selasa, 27 Juni 2017

Kowloon Park, Hong Kong


5 Hari Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau - Jilid 15


Hari ini saya akan menyeberang ke Macau dengan ferry dari Kowloon.




Sebelum beraktifitas tentu saja saya harus sarapan dulu. Kali ini saya pilih makan di Tsui Wah, lokasinya lebih dekat dari guesthouse dibanding ke Cafe de Coral. Letaknya di Carnarvon Road, dari guesthouse searah ke Cafe de Coral, belok kiri, udah Carnarvon Road. Jalan lagi dikit, udah sampai Tsui Wah, di sisi kiri.


Lihat peta di atas, lingkaran abu-abu adalah Goldencrown Guesthouse, lingkaran A adalah Tsui Wah dan lingkaran B adalah Cafe de Coral. Terlihat Cafe de Coral lebih jauh dibandingkan Tsui Wah. Ke Tsui Wah cukup 1 menit jalan kaki, sedangkan kalau ke Cafe de Coral perlu 5 menit. hehehe....






Suasananya oke, makanannya juga enak. Ada menu ringan ada pula menu berat. Tapi resto ini bukan yang versi halal yah..



Selesai sarapan, saya kembali ke arah guesthouse, dan di depan guesthouse saya menyeberang jalan menuju jalan Haiphong road, di samping Kowloon Mosque 




Saya ikuti jalan aja, saya tidak menyadari bahwa sebetulnya saya melewati Kowloon Park. Tepat di depan pintu masuknya, saya lihat penanda park ini, yang ternyata adalah South Gate. Saya pikir, oke, saya lihat dulu ke dalam sebentar aja. Dan baru ingat juga, eh, iya di taman ini kan ada Avenue of Comic Star.




Maksud hati sih mau sebentar, akhirnya malah satu jam lebih di sini. Padahal pengennya ke Macau dengan kapal pagi, paling pagi kalau bisa, lhaaa... gagal, gara-gara "belok" ke sini... Nah kan saya ga tau kalau ternyata tamannya luas.



 Lihat peta di atas, lingkaran abu-abu adalah Goldencrown guesthouse, menyeberang ke Haiphong Road, pin merah adalah Kowloon Park South Gate, dilanjutkan ke lingkaran B yaitu AoCS setelah itu melewati Aviary - lingkaran C menuju jembatan penyeberangan dan lingkaran lingkaran D adalah China Hong Kong City.
Total jarak tempuhnya adalah 1.3 km. Lumayan ya...?!




Setelah berada di dalam park, saya jadi pengen ke Avenue of Comic Star (AoCS).
Pikir saya, supaya cepat, hemat waktu, saya harus tanya arah ke petugas, walah-dalah bicaranya Mandarin.. hiks... pusiyang... Yasudlah saya ikuti petunjuk sesuai gerakan tangannya aja.



Nah.. dalam perjalanan ke AoCS ini saja-lah yang saya lihat apa yang ada di dalam taman. Salah satunya adalah taman burung, Kowloon Park Aviary. Dalamnya ada apa, saya tidak tahu, karena cuma lewat. 
Taman ini cocok sekali buat berolah raga, atau sekedar duduk-duduk santai, jalan menanjak, tapi sejuk karena kerimbunan pepohonan. Tidak banyak yang bisa dilihat sebetulnya, it's not really a tourist spot. Kalau di Jakarta, park ini setara dengan Ruang Terbuka Hijau alias RTH.



Di ujung utara, saya lihat ada kolam renang, yang merupakan bagian dari Kowloon Park Sport Center & Swimming Pool.


Hujan juga menyebabkan saya tertahan sekitar 30 menit. 
Begitulah Hong Kong, yang semula cerah, bisa mendadak ada hujan, padahal jelas-jelas sekarang lagi musim kemarau. 



Sebelum kolam renang sudah terlihat grafitinya, tembok bergambar komik, tempat AoCS.
AoCS menempati area sebagian kecil taman ini, kira-kira hanya sepanjang seratus meteran. 
Banyak orang-orang tua sedang berolah raga di sini. Asik juga lihatnya.


Setelah hujan berkurang, saya beranikan diri menerjangnya, dan buru-buru ke China Hong Kong City Mall.


Sekali lagi saya bertanya ke petugas taman, arah menuju ke China Hong Kong City, nanyanya sih "ferry to Macau...??" Begitu aja, langsung dikasi tau, "straight..!" 
Lurus..! okelah kalau begitu..


Pintu keluar taman adalah jembatan penyeberangan yang melintasi Canton Road.



Singkat cerita tentang pagi ini, perjalanan dari guesthouse melewati Kowloon Park, foto-foto sejenak di Avenue of Comic Star, menunggu hujan reda, dan bersiap menuju pelabuhan.

Cerita berikutnya ada di Jilid 16 Avenue of Comic Stars





Tidak ada komentar:

Posting Komentar