Kamis, 29 Juni 2017

Sejenak di kawasan Central, Hong Kong



5 Hari Jalan Jalan Ke Hong Kong & Macau - Jilid 22

Sehabis sarapan, saya jalan kaki menuju ke Golden Bauhinia Square, kalau lihat di google maps sih cuma lurus aja ke arah pantai. Tapi sayang sekali, ternyata lokasinya ditutup untuk umum dikarenakan ada pejabat penting yang akan membuka acara pameran di Hong Kong Convention & Exhibition Center, yang letaknya memang menyatu dengan Golden Bauhinia Square. 





Akhirnya saya jalan kaki menuju halte bus di Old Wanchai Police Station, naik bus no. 722 ke Landmark, yaitu pemberhentian ke-3 setelah halte police station. Kenapa saya bisa tahu nomer dan rute bis ini ...? tentu saja karena udah niat mau hemat, dan tidak mau naik MTR, jadilah saya baca-baca dan brosing-brosing rute bis. 





Kenapa saya tidak mau naik MTR.... ? karena tahun 2013 saya ke HK dan pengalaman kurang menyenangkan dengan MTR, jalan kakinya jauh sekali di stasiunnya sebelum sampai ke platform. Jadi kali ini sebelum pergi saya udah tekad "seminimal mungkin naik MTR"

Pada kenyataannya, sebetulnya tidak semua stasiun perlu jalan jauh, ada juga yang jarak pendek  seperti di Singapore. Dulu kesalahan saya adalah karena saya tidak sempat baca-baca, dan hanya percaya - mengandalkan teman aja. Ditambah lagi hotelnya di Causewaybay, jauh kemana-mana. kalau naik MTR, transitnya di stasiun HK, nah... stasiun HK inilah stasiun yang paling luas.



Gedung Landmark

Kembali ke laptop... sesampai saya di Landmark, numpang pipis, saya jalan kaki, targetnya adalah Hard Rock Cafe, beli t-shirt. Sayang sekali desainnya kurang menarik hati. Jadi yaaah.. 5 menit saja di dalam. 


Lan Kwai Fong yang dipenuhi cafe dan bar

Keluar dari Hard Rock, jalan kaki lagi ke pusat kota, dan  kami melewati The Fringe Club, sebuah gedung untuk kegiatan seni nirlaba, untuk mempromosikan seniman local, ada restaurantnya juga, selain ruang pamer.

The Fringe Club

Gedung ini juga merupakan "rumah" bagi Foreign Correspondents' Club Hong Kong, atau disingkat FCC. Website FCC Hong Kong kalau mau makan disini, klik yang FCC/dining-room/




Rencananya, saya mau ke Mid-Level Escalator, escalator terpanjang di dunia, konon kabarnya. Tapi hari sudah menjelang jam makan, maka cari warung adalah is a must.





Padahal sudah di depan mata, si Mid Level Escalator, tapi saya urungkan niat, karena selain makan siang adalah yang utama, juga karena sesuai itinerary saya, setelah makan siang lanjut ke Ocean Park





Sesuai hasil brosing-brosing, saya makan siang di Lung Kee Roasted Meat Catering Ltd. Versi tidak halal. Makanannya enak, pelayanan cepat, hindari jam 12an, makanlah sekitar jam 11, pasti aman, dapat tempat duduk, ga pakai antri.




Di Central, ramai dengan para pekerja kantoran, dengan tampilan keren. Bertolak belakang  dengan daerah TST, yang kebanyakan pedagang dan karyawan toko.












Jadi kalau diliat via google maps, kira-kira perjalanan "kaki" saya adalah sebagai berikut :
turun di MTR Central -- lewati gedung Landmark -- menuju Hard Rock Cafe -- kembalinya melewati Fringe Club -- ke arah Mid Level Escalator -- makan di Lung Kee Roasted Meat -- MTR Central lagi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar