Senin, 26 Juni 2017

Sky 100 Observation Deck, Kowloon, Hong Kong


5 Hari Jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau - Jilid 12






Di Jilid 12 ini saya akan menceritakan tentang Sky 100. Seperti yang saya tulis di Jilid 11, saya menunggang bis No. 215P seharga HKD 7.5 dari halte Kowloon Park Drive dan turun di Kowloon Bus Terminus. Saya bayarnya pakai Octopus. 

Setiba di terminal bis Kowloon, saya ikuti petunjuk EXIT ke arah mall. Nah... setelah masuk mall, pusinglah saya, Sky 100 dimana? Ke kanan atau ke kiri ? Akhirnya kembali dengan cara konvensional, bertanya ke orang yang lewat. Dan atas petunjuk dari dua orang, sampailah saya di gedung International Commerce Center, letak Sky 100 berada. 

Sewaktu merancang itinerary, rencananya saya turun di halte bis terakhir sebelum terminal Kowloon, yaitu halte Austin Road West (lihat foto rute bis di bawah), supaya bisa foto-foto di depan Arch Tower dan selanjutnya foto juga di depan ICC. Jadi kalau ke Sky 100 pasti mudah karena masuknya memang dari pintu utama ICC.



Masih di Elements mall, ikuti petunjuk ICC / Sky 100

Ternyata, di luar dugaan saya, di area sepanjang Austin road sedang ada pembangunan, jadi tidak bisa berhenti di area situ. Terpaksa harus turun di terminal Kowloon. Sebetulnya terminal ini berada di "bawah" gedung ICC, tapi arah exit-nya adalah pintu masuk ke Elements mall, bukan langsung ICC. Dan gedung Elements mall sudah tersambung ke gedung ICC.


Semakin mendekati Sky 100, di bawah eskalator, di sisi kiri pintu masuknya



Pintu masuk ke Sky 100, ticket counter ada di dalam, turun satu lantai



 Harga tiket masuknya adalah HKD 168/orang.




 Setelah menyerahkan tiket, kita akan melewati lorong "waktu" ini, dengan lampu bergerak dan berganti-ganti warna. Lucu.




 Setelah itu kita diarahkan memasuki lift, dan melaju sampai ketinggian 393 meter diatas permukaan laut alias di lantai ke 100, dari total 118 lantai gedung ICC.






Keluar dari lift kita langsung memasuki area observation deck, dimulai dengan toko souvenirs.


Diagram tentang tourist spot di Hong Kong










foto dengan Bruce Lee, gaya 3 dimensi


Ada cafenya

Kalau mau lebih jelas, pakai ini aja

  



Untuk menuju ke Sky 100, selain dengan bis, bisa juga dengan MTR Tung Chung dan tentu saja turunnya di Kowloon station. Dengan MTR saya pikir lebih mudah, karena akses keluar masuknya tidak jauh dari pintu Sky 100.  

Oh iya, dari area harbour saya naik bis karena MTR station terdekat adalah East TST, jalur ungu yang tidak terhubung dengan jalur orange. Maksudnya gini, saya mau ke Sky 100 dan Disneyland tapi titik awalnya di harbour, maka caranya adalah, saya naik bis ke Kowloon untuk ke Sky 100, dan dari Kowloon juga lanjut naik MTR ke Disneyland. . 



Dengan MTR Tung Chung (orange line) turun di MTR Kowloon Station

 Menurut saya, Sky 100 is not a must visit when you're in HK. Karena meskipun viewnya bisa 360 derajat, apalagi indoor, susah bisa foto yang bagus. Karena tentu saja adanya backlight, muka kita jadi hitam, kalau foto menghadap kamera, hal ini dikarenakan cahaya dari luar lebih terang daripada cahaya di dalam ruangan. 


Saya pikir, di malam hari juga pasti mengalami hal yang "mirip" yaitu masalah pencahayaan. Dari hasil foto akan terlihat pantulan cahaya dari lampu dalam ruangan atau pantulan cahaya blitz/flash dari kamera, bahkan mungkin terlihat juga orang yang memotret kita. Jadi pada dasarnya, kita harus pandai-pandai "menyiasati" cahaya-cahaya supaya foto kita jadi bagus. Hal ini mungkin bisa diminimalkan jika pakai kamera DLSR.



Rute bis 215 P diambil dari website KMB

Untuk mencari rute bis dan nomer bis, bisa di baca disini - Kowloon Motor Bus Co.   Sky 100 dikenal dengan indoor 360 deg view-nya, memandang Hong Kong dari ketinggian, dari semua sisi. Berikut ini hasil jeprat-jepret saya memutari observation deck. Tapi ya mohon maaf, ini cuma pakai hp, jadinya gambarnya biasa saja gitu.. #curhat
















Penjelasan lebih detail bisa dibaca di Sky100 ini atau di website resminya sekalian beli tiket & informasinya 
Begitulah sedikit cerita tentang Sky 100. Saya harus segera ke Disneyland. Ceritanya akan saya bagikan di Jilid 13



Tidak ada komentar:

Posting Komentar